Label

Rabu, 21 November 2012


Kegiatan Hari 1 Muktamar IDI XXVIII - Makassar
20 November 2012


Selasa, 20 November 2012 bertempat di Grand Clarion Hotel, tepatnya di koridor Ballroom Sandeq A dan Sandeq B kegiatan Muktamar Dokter Indonesia XXVIII telah mulai. Peserta yang berdatangan dari daerah mulai mengadakan registrasi. Muktamar IDI XXVIII mengangkat tema “Paradigma Baru dan Pelayanan Kedokteran dalam Era Jaminan Sosial Kesehatan Nasional sebagai upaya Menata Sistem Pelayanan Kesehatan yang berkualitas” ini diawali dengan kegiatan rapat pleno dan pembukaan pameran. Kegiatan dimulai dengan laporan dari dr. Siswanto Wahab, SpKK selaku ketua bidang dana dana pameran. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum PB IDI dr. Prijo Sidipratomo, SpRad (K) yang sekali membuka stand pameran. Selanjutnya dilakukan peninjauan stand oleh ketua umum PB IDI yang didampingi oleh ketua panitia pelaksana Muktamar IDI XXVIII Dr. dr. Anis Irawan Anwar, SpKK (K).


Utusan IDI Cabang Se-Aceh 

Selama berlangsungnya pameran yang diikuti oleh para Farmasi obat dan beberapa perhimpunan dan kolegium, terdapat juga pameran pernak – pernik kegiatan Muktamar. Bersamaan dengan kegiatan pameran  di lantai 2 ruang Acacia Grand Clarion Hotel dilaksanakan seminar pendidikan, Pelayanan, pembiayaan dan etika kedokteran. Materi pertama yaitu pendidika kedokteran yang dibawakan oleh Prof. Dr. dr. Erol Hutagalung, SpB, SpOT; Prof. dr. Irawan Yusuf, Ph.D dan Prof. Dr. dr. Oetama Marsi, SpOG (K). kemudian disusul materi kedua mengenai pelayanan kesehatan yang dibawakan oleh Prof. Dr. dr. Zoebari Djoerban, SpPD dan dr. Sukman Tulu, SpA. Materi terakhir mengenai etika kedokteran dibawakan oleh Prof. Dr. dr. Agus Purwandito dan dr. Bruto Wasisto, MPH.


Disaat yang bersamaan di ruang Azalea Lantai 2 Grand Clarion Hotel Makassar, dilaksanakan symposium dengan judul gangguan fungsi buli-buli/saluran kemih. Tema ini dipilih sehubungan dengan meningkatnya kasus gangguan buli-buli/saluran kemih bagian bawah di Indonesia. Simposium yang berlangsung 2 jam ini diisi oleh 3 pembicara yaitu Prof. DR. D. Doddy M. Soebady, SpB, SpU (K) mengawali dengan materi “Diagnosis dan penanganan Lower Urinary Tract Symptom dan Over Active Bladder”. Dilanjutkan dengan materi “Diagnosis dan Penanganan Disfungsi Kandung Kemih Diabetik” oleh Prof. Dr. Harsinen Sanusi, SpPD-KEMD. Antusiasme peserta tetap terjaga hingga materi terakhir tentang “Rehabilitasi Medik pada Over Active Bladder” yang dibawakan oleh dr. Bayu Santoso, Sp. KFR-K.



Laporan dari Utusan IDI Cab Banda Aceh dari Makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar